Memilih Mobil Keluarga

mobil keluarga
(Gambar : toyota.astra.co.id)

Memilih mobil keluarga merupakan salah satu dambaan dan impian dari setiap keluarga. Mobil Keluarga atau sering kali disebut juda dengan istilah mobil MPV (Multi Purpose Vehicile) masih mendominasi pilihan masyarakat di Indonesia hingga saat ini, hal ini dibuktikan dengan penjualan jenis mobil ini pun semakin bertambah setip tahunnya

Kapasitas menampung penumpang yang banyak seringkali menjadi salah satu alasan untuk memilih, selain itu juga ukuran ruang kabin yang lebih luas omembuat mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan legin memanjakan penggunanya.

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khusunya di Indonesia, sehingga bnyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Maka tidak heran apabila para pabrikan otomotif pembuat mobil selalu melakukan inovasi dan juga gencar menciptakan mobil keluarga yang menarik untuk dipilih.

Mereka juga biasanya berlomba menawarkan berbagai kelebihan baik itu dari segi harga, model maupun fitur-fitur modern agar bisa menyandang predikat mobil keluarga terbaik dan paling penting bisa mendatangkan lebih banyak calon konsumen.

Banyak merk, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki banyak pilihan. Tidak jarang pula dengan semakin banyaknya pilihan, akan membuat pihak konsumen kesulitan dalam memilih mobil yang tepat dan juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Karena hal seperti ini tentunya harus dipikirkan secara cermay juga perlu pertimbangan secara matang dalam memutuskannya. Beda halnya apabila kita dihadapkan dengan membeli sebuah kebutuhan yang memiliki sifat tidak tetap maka barang tentu tidak di perlukan pemikiran yang sulit.

Lalu, bagaimana cara memilih mobil keluarga yang sesuai untuk kebutuhan. Berikut dibawaj Ini beberapa masukan untuk memilih mobil keluarga.

Perhitungkan jumlah penunmpang

Jumlah tempat duduk atau seat dalam sebuah mobil adalah pertimbangan paling utama dalam memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga juga harus mampu dan memiliki kemampuan untuk menampung semua anggota keluarga. Hal lainnya pertimbangkan juga tempat duduk tambahan misalnya untuk pengasuh dan pembantu jika anda harus mengajak mereka ikut serta ketika bepergian.

Contoh seperti mobil Avanza velos, yang memiliki 4 tempat duduk cocok untuk keluarha dengan maksimal dua orang anak. Apabila mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluaga dengan 2 orang atau bahkan lebih banyak anak

Tentukan kapasitas mobil

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah memnentukan kapasitas sebuah mesin. Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin. Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston misalnya saja 1000cc, 1100cc, 1300 cc dan lain lain.

Sebagainya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin (semakin besar angka cc) maka akan semakin besar juga tenaga yang dihasilkan mobil tersebut. Tentunya selain bagus, juga harus didukung dengan kemampuan berlari kencang agar bisa maksimal dalm penggunanya.

Perhatikan fitur keselamatan

Hal paling penting dalam sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seperti seat belt (sabuk pengaman) sebaiknya terdapat pada semua tempat dudk penumpang, juga pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki system penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil. Kenyataanya beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih yaitu berupa airbag dan system rem ABS (anti-lock breaking system) karena komponen yang mendukung bagi keselamatan merupakan elemen yang wajib ada pada sebuah mobil.