Hal-Hal yang Dipertimbangkan dalam Men-Desain Rumah 3 Kamar

RumahRenovasi.com – Memiliki rumah tidaklah harus langsung besar. Anda bisa pelan-pelan dan memulai dari rumah yang sederhana namun layak huni dan sangat nyaman untuk ditinggali. Jika Anda memang sedang berencana membuat rumah sederhana, Anda setidaknya memerlukan sebuah desain. Misalnya, desain rumah 3 kamar karena memiliki dua orang anak. Tetapi sebelum mendesain rumah yang akan buat, ada baiknya Anda memerhatikan hal-hal berikut ini yang sangat penting sebelum mendesain rumah impian Anda!

desain rumah 3 kamar
(Gambar : pixabay.com)

Membuat denah desain rumah 3 kamar harus memerhatikan luas lahan yang dimiliki. Maka dari itu, pastikanlah lebih dulu dengan teliti luas lahan yang Anda miliki. Sehingga pada saat proses pembuatan denah untuk pembagian ruangan sekaligus akan disertai dengan luasnya. Apalagi jika Anda berencana membuat rumah dengan tiga kamar, tentunya pada saat luas lahan yang miliki ternyata tidak cukup untuk membuat tiga kamar, itu artinya Anda harus menambah lantai rumah Anda menjadi tingkat dua misalnya. Jika ternyata masih tidak cukup, maka Anda bisa menambah lantai rumah sesuai dengan keinginan.

(Baca Juga Desain Rumah 2 Kamar, Minimalis Tapi Mengesankan)

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan yaitu bujet pembuatan rumah. Meskipun rumah yang akan dibangun sederhana tetapi tetap saja memerlukan bujet, bukan? Apalagi denah rumah 3 kamar itu sudah selesai dibuat artinya sebagai seorang pemilik, Anda sudah mengetahui berapa bujet kotor yang akan dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut. Hal-hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menghitung bujet didasarkan pada material yang digunakan untuk membangun rumah, pembayaran tukang dan lain sebagainya.

Hal yang terakhir yang harus diperhatikan yaitu keadaan geografis tanah yang Anda gunakan untuk membangun rumah. Memperhatikan keadaan geografis tanah, merupakan salah satu cara untuk mempertimbangkan apakah denah rumah 3 kamar yang telah Anda buat bisa disesuaikan atau tidak. Jangan sampai desain rumah 3 kamar yang sudah dibuat ternyata hanya bisa diwujudkan dalam selembar kertas saja karena keadaan geografis ternyata tidak cocok untuk membangun rumah 3 kamar yang Anda inginkan. Jika Anda membuat rumah di tengah dan di ujung kavling, pastinya desain yang dibutuhkan harus sangat berbeda bukan? Apalagi ketika Anda membangun rumah di tanah yang berbukit-bukit pasti akan berbeda desainnya dengan rumah yang Anda bangun di tanah yang datar bukan? Jadi, itulah alasan mengapa Anda harus tahu keadaan geografis tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *